Rabu, 09 Maret 2022

Jelang Dilantik Anak Buah AHY Gelar Penanaman Pohon dan Santunan Anak Yatim


NUSANTARAUPDATE.ID,SAMARINDA— pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Kaltim menggelar aksi menjelang pelantikan.


Aksi tersebut yakni menanam bibit pohon di Kabupaten Kukar dan santunan anak yatim piatu Ponpes Tanfidzul Quran Baitul Huffadz di Kota Samarinda, Rabu (9/3/2022).

Aksi penanaman pohon merupakan langkah nyata Partai berlogo bintang mercy dalam upaya melestarikan lingkungan.

Adapun Kegiatan penanaman bibit pohon ini digelar di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di kegiatan tersebut juga dihadiri kepala Desa Manunggal Jaya, kelompok sadar wisata, dan kelompok karang taruna.

Ketua DPD Demokrat Kaltim, Irwan mengatakan jelang pelantikan dirinya mempunyai dua program aksi nyata yaitu Aksi Demokrat Menanam (Adem) dan Launching Demplot Agroforestry Ani Yudhoyono.

“Dua program itu hari ini kita integrasikan semua dalam lahan seluas dua hektare ini milik pokdarwis, yang kemudian ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang sifatnya agroforestry,” jelas Irwan.

Pria yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi V DPR RI menyebut kegiatan tersebut bibit pohon yang ditanam selain dari jenis tanaman buah-buahan namun ada pula jenis tanaman endemik lokal yaitu kapur meranti dan pohon ulin.

“Ini merupakan bagian daripada dukungan kepada pemerintah untuk terus menghijaukan negeri ini,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Manunggal Jaya, Sukemi, menyampaikan terima kasih kepada Demokrat Kaltim khususnya Irwan, yang telah bersedia hadir langsung mengunjungi desanya. Ia bahkan menyebut bahwa ini juga merupakan kali pertama seorang Anggota DPR RI mengunjungi desa tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pak Irwan yang juga satu-satunya Anggota DPR RI yang mau berkunjung ke Desa Manunggal Jaya. Karena selama ini belum pernah ada anggota DPR RI yang langsung terjun ke lapangan ke desa kami,” ungkap dia.

Dirinya pun menjelaskan, karena mayoritas penduduk Desa Manunggal Jaya adalah petani, maka keputusan Demokrat untuk melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon di desanya adalah keputusan yang tepat.

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan ini ke depan dapat mengurangi area lahan gundul dan tandus akibat aktifitas penebagan hingga pertambangan yang ada di desa Manunggal Jaya.

Disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Desa Manunggal Jaya, Didik Hartono, hingga saat ini telah ada 300 pohon yang telah ditanam di area tersebut. Bibit pohon yang ditanam ini kedepan diharapkan bisa menjadi lokasi destinasi wisata alam bagi masyarakat.

“Sejauh ini untuk pohon buah yang kami tanam ada berupa jambu, kelengkeng, belimbing, alpukat, dan sawo. Sementara untuk tanaman endemik ada pohon kapur, ulin, hingga meranti,” jabarnya.

Terpisah ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Manunggal Jaya, Muhammad Ari Sabillah Rahman, usaha dalam membuat lokasi wisata ini telah mereka mulai seiring didirikannya destinasi wisata bernama Kampung Wisata Sawah. Pihaknya pun sejauh ini telah menerima bantuan pembangunan gazebo dari salah satu perusahaan yang beroperasi sekitar area desa.

“Oleh karena itu kedepan kami harapkan pak Irwan juga bisa mensuport pembangunan selanjutnya, yang kami rencanakan akan ada rumah adat lamin, gazebo, dan mini zoo,” harapnya.